Saturday, 25 March 2017

Jalan pelabuhan Perikanan Rusak Berat

TANJUNGPANDAN, Jelajahbelitung.com ‑ Kondisi  ruas jalan kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan rusak berat. Berbagai lubang berukuran sedang dan besar menganga di tengah jalan. Pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalan tersebut harus waspada menghindari lubang.

Kondisi jalan ini membuat warga pengguna jalan mengeluh, terutama masyarakat nelayan yang terkena dampak langsung sehingga terhambat aktivitasnya. “Gak enak aja, dengan kondisi jalan berlubang seperti ini,” kata Usman, warga sekitar PPN Tanjungpandan kepada Grup Bangka Pos, Selasa (21/12).

Sejak pintu PPN Tanjungpandan, dibelakang Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), jalan sudah berlubang-lubang. Di ruas jalan dengan lebar enam hingga delapan meter itu terlihat lubang melebar yang diduga akibat kendaraan yang melintas dengan beban yang terlalu berat.

“Kita melihat sering mobil‑mobil ikan dan truk melintas. Dan kemungkinan dikarenakan hal itu,” kata Usman.

Hal senada disampaikan Mustafa, nelayan yang menambatkan perahunya di PPN Tanjungpandan. Menurut Mustafa, sejak awal tahun 2009 kondisi jalan masih terlihat bagus, namun lama-lama jalan ini menjadi berlubang seperti ini.

“Kalau bisa, segera diperbaiki jalan berlubang ini, sehingga masyarakat dapat berkendara dengan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya,” jelas Mustafa.

Kepala PPN Tanjungpandan Suyadi membenarkan kondisi tersebut. Ada beberapa ruas jalan yang masuk kawasan PPN Tanjungpandan berlubang dan rusak. Kondisi ini memang memprihatinkan dan tentunya akan segera direspon. “Kita juga melihat kondisi itu. Dan segera kita respon,” kata Suyadi.

Menyikapi permasalahan ini, PPN Tanjungpandan telah menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta dari pusat. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk memperbaiki aspal jalan yang berlubang. “Nanti kita cor aspalnya. Sudah ada anggarannya Rp 200 juta untuk itu,” kata Suyadi.

Anggaran sebesar itu dinilai tidak cukup untuk membiayai rehabilitasi jalan yang berlubang di beberapa ruas jalan tersebut. Menurut Suyadi, dalam pelaksanaan rehabilitasi tidak akan dilakukan sekaligus melainkan bertahap

Sumber : Posbelitung

Related Posts to "Jalan pelabuhan Perikanan Rusak Berat"