Saturday, 29 April 2017

Pulau Lengkuas

A. Selayang Pandang

Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari ratusan pulau kecil yang ada di pulau Belitung terletak di Kecamatan Sijuk,Kabupaten Belitung.Pulau yang luasnya tak lebih dari satu hektar ini merupakan tempat yang sangat meyenangkan untuk melakukan berbagai wisata air seperti snorkeling,diving,ataupun memancing.

Air laut di pulau lengkuas begitu jernih dan bersih,sehingga para wisatwan bisa melihat langsung ikan-ikan yang berenang di antara terumbu karang.Selain itu bagi anda yang ingin melepaskan lelah rutinitas kerja sehari-hari,pulau lengkuas merupakan tempat yang sangat cocok .Di sekitar pulau lengkuas ini terdapat beberapa pulau kecil lain nya seperti Pulau Babi,Pulau Kepayang,Pulau Burung.Pulau tersebut pun tak kalah seru nya,berair laut jernih,berpasir patai putih serta di hiasi beberapa batu granit.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi pulau lengkuas di saran kan memilih waktu yang tepat.Mengingat pada bulan-bulan tertentu,seperti bulan Desember hingga Januari ombak laut akan lebih besar dari biasanya sehingga resiko kecelakaan lebih besar.Namun pada bulan Maret hingga November,ombak laut cenderung tenang,sehingga sangat aman bagi anda yang ingin berwisata dan berjelajah disana.

B. Keistimewaan

Jika anda mengunjungi Pulau Lengkuas mata anda akan tertuju melihat sebuah mercusuar tinggi berwarna putih.Bahkan dari kejahuan pada saat dalam perjalanan ke pulau pun,mercusuar sudah terlihat.Mercusuar itu di bangun pada tahun 1882 oleh pemerintah colonial Belanda yang berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal keluar dan masuk pulau Belitung.Tinggi nya kurang lebih 50 meter dan terbuat dari besi.Anda bisa menaiki mercusuar itu,namun disarankan harus memiliki tenaga ektra,mengingat anda harus melewati banyak tangga untuk mencapai puncak mercusuar.Setelah sampai di puncak mercusuar,semua rasa letih anda akan langsung berkurang begitu melihat keindahan di sekitar pulau lengkuas.

C. Lokasi

Pulau Lengkuas terletak Di Kecamatan Sijuk,Kabupaten Belitung

D. Akses

Pulau Lengkuas ini dapat di tempuh dari berbagai tempat,seperti Tanjung Kelayang,Tanjung Tinggi dan Tanjung Binga.Pada tempat tersebut anda bisa menyewa perahu nelayan yang di gunakan untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas.Jika berangkat dari Tanjung Kelayang memakan waktu selama 20-25 menit.Dari Tanjung Binga 25-30 menit.Sama seperti dari Tanjung Binga,dari Tanjung Tinggi pun memakan waktu selama 25-30 menit.

Sewa perahu untuk mencapai Pulau Lengkuas emang agak mahal.Para Wisatawan Setidaknya harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 350.000 – Rp. 500.000 ( 2011 ).Namun harga tersebut akan sedikit murah jika anda pergi rombongan,mengingat perahu tersebut bisa memuat belasan penumpang.

F. Tiket

Untuk mengunjungi Pulau Lengkuas anda tidak akan di pungut biaya apapun.Tetapi pada saat menaiki mercusuar terkadang di depan pintu masuk terdapat kotak untuk mengumpulkan uang dari para pengunjung,yang memberikan secara sukarela.

F. Akomodasi Dan Fasilitas

Di Pulau lengkuas tidak terdapat penginapan.Namun bagi anda yang tidak puas menimati pulau lengkuas dalam sehari,anda bisa menginap di pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung kelayang.Tidak jauh dari mercusuar terdapat warung kecil yang menjual berbagai macam makan kecil dan air minum.Namun untuk jaga-jaga jika warung tersebut tutp,di sarankan anda harus menyiapakan bekal sebelumnya.

Bagi para pengunjung yang ingin buang air kecil serta buang air besar,bisa menggunakan sarana toilet yang sudah di sediakan.Namun di sarankan anda harus menggunakan air sehemat mungkin,mengingat persedian air tawar sangatlah terbatas.

Untuk saat ini,Pulau Lengkuas di huni oleh tiga orang penjaga.Yang bertugas sebagai operator mercusuar serta pembersih lingkungan di sekitar Pulau Lengkuas.Jika anda ingin menanyakan informasi tentang Pulau Lengkuas,jangan segan dan takut untuk menanyakan dengan mereka,sebab mereka sangatlah ramah dan selalu memberikan jawaban dari pertanyaan para pengunjung.

Related Posts to "Pulau Lengkuas"