Tuesday, 27 June 2017

Ubin Bergerak,Dukun Bertindak




ilustrasiJelajahbelitung.com – Kehebohan menyeruak dari kediaman Maulana.warga Desa Air Saga,Kecamatan Sijuk,Selasa ( 26/4/2011 ).Ubin keramik lantai rumah bergerak hingga lepas secara mendadak dan pecah berantakan.Pemilik rumah dan beberapa warga sekitar sekita berhamuburan keluar rumah karena menyangka terjadi gempa.

“Sekitar jam 08.30 WIB pagi tadi kejadian nya,” kata Silka anak Maulana.Menurut dia lebih dari 15 keping ubin yang terletak di depan kamar mandi belakang rumah hancur berkeping-keping.Silka saat kejadian itu sedang bersama anaknya di dalam kamar.Suara ubin bergerak seperti suara kelereng di jatuhkan ke lantai.

Insiden ini menarik perhatian warga.Baru kali ini kejadian seperti ini terjadi.”Aku piker gempa,jadi aku kabur,” ujarnya.Karena ketakutan,Silka berlari keluar rumah di ikuti Hasanah dan Harijah.Ibunda Silka,Hasanah menuturkan saat kejadian sempat menduga telah terjadi gempa.

Dukun kampong pun akhirnya di turunkan untuk membantu menenangkan getaran ubin lantai di kediaman Maulana.Katanya getaran baru bisa di hentikan sesaat dukun kampong dating dan membacakan doa.

Menurut penerawangan gaib dukun kampong,jelasnya,lokasi bergeraknya ubin lantai keramik itu merupakan bekas sumur bor.Di sumur bor itu di percaya terdapat “penunggu”.Saat ubin lantai itu bergerak itulah merupakan peringatan bahwa “penunggu” dalam sumur bor keberatan.Maulana,pemilik rumah mengaku terkejut saat mengetahui peristiwa yang terjadi di rumahnya tersebut.

Setelah memperhatikan dengan seksama,Maulana menduga pergerakan ubin lantai tersebut akibat pemuaian ubin.Tidak mau berlarut-larut,Maulana di Bantu beberapa orang kerabatnya dekat dan waga sekitar kemudian membongkar ubin keramik yang telah menggelembung tersebut untuk segera di perbaiki dengan ubin yang baru.

Pemuaian

Sementara itu,Kepala Dinas Pekerjaan Umum ( DPU ) Kabupaten Belitung Hasanudin menjelaskan peristiwa ubin bergerak dan pecah di rumah Maulana,warga di Desa Air Saga itu,bukan gempa.Kejadian itu akibat pemuaian ubin yang tidak kuat dan kesalahan pada saat pemasangannya.

Menurut dia kejadian seperti itu sering terjadi di masyarakat.Semen semen di tempat pemasangan ubin tidak sama sekalai berubah.yang pecah dan bergerak adalah ubin.Hasanudi juga mengaku pernah mengalami hal serupa.

Selain itu Hasanudin juga menjelaskan saat memasang ubin keramik hendaknya batas pemasangan ubin dengan dinding pembatas tidak langsung di tutup,melainkan di beri waktu beberapa hari kedepan.Sehingga,ada kelonggaran waktu untuk semen dan ubin saling menyatu.Setelah itu baru di tutup pembatas ubin dengan dinding menjadi rapat.

 

 

Sumber : Koran Pos Belitung Edisi Rabu,27 April 2011




Related Posts to "Ubin Bergerak,Dukun Bertindak"