Tuesday, 22 August 2017

Puting Beliung Di Sungai Samak




Jelajahbelitung.com- Angin puting beliung kembali menyapu sebagian daerah Belitung.Kali ini dua buah sampan milik nelayan yang di tambatkan di pesisir pantai Sungai Samak,Desa Sungai Samak,Kecamatan Badau,rusak di terjang puting beliung.

Pristiwa ini terjadi pada Minggu ( 8/5/2011 ) selitar pukul 11.45 WIB.Saat itu,cuaca terang dan sinar matahari menyengat kulit.Tak ada yang tau bakal bertiup angina tersebut.

Puluhan perahu sampan dan kapal motor berjejer di tambatkan nelayan di sepanjang bibir pantai.Kondisi air laut saat itu surut jauh sekitar 300 meter.

Dalam kondisi tenang itu,tiba-tiba terlihat pusaran angina dari arah laut mendekat menuju bibir pantai.Gumpalan angina perlahan mengitari sebagian pantai.Benda apa saja yang di dekatnya tersapu dan berterbangan ke udara

“Aku terkejut,aku piker mau menghantam aku.Aku berlari ke laut,”kata Rizal kepada Bangkapos.com,Minggu ( 8/5/2011 ).

Rizal saat itu sedang memperbaiki perahu dan jaring ikan.Ia kaget di buat kalang kabut oleh kedatangan angin puting beliung.

“Angin seperti itu datang.Aku bekabut ( buru-buru ) duduk sembunyi di perahu,Takut juga,” terang nya.

Angin puting beliung kemudian mengarah menuju pantai dan menghantam sebuah sampan yang tertambat di bibir pantai..Sampan itu kemudian terlontar hingga ketinggian sekitar 5 meter.Bersamaan dengan itu bubu kepiting yang ada di sampan pun terlempar jauh ke udara.

“Sampan-sampan milik Kik Yusuf dan Remand an bubu ada yang berterbangan ke angkasa.Aku lihat seperti di film-film kungfu,” ungkap Rizal

Kejadian tersebut berlangsung selama beberapa menit.Setelah itu putting beliung menhilang di tepian pantai.

Pardi dan Samsinah,warga setempat mengaku melihat jelas pusaran angina puting beliung saat menerpa pinggiran pantai.Benda-benda kecil yang berterbangan terasa terlempar hingga ke ruas jalan raya desa.

“Kami di jalan saja terasa seperti banyak pasir yang terlempar.Ngeri rasanya.Kok bisa demikian,jarang juga,” papar Samsinah

Pardi mengaku hanya mendengar suara kegaduhan saat itu.Ia baru tau ada puting beliung saat menyaksikan sampan Reman sudah rusak di hempas angina.

“Saya Cuma dengar suara saja.Namun,saya lihat kapalnya pecah dan berantakan terutama di bagian depan yang berhamburan.Kapal juga sudah di bawa kerumah dia ,”kata Pardi

 

 

Sumber : Koran Pos Belitung Edisi Selasa,10 Mei 2011




Related Posts to "Puting Beliung Di Sungai Samak"