Tuesday, 24 October 2017

Keramat Sisilan / Makam K.A Siasip / Makam Di Balok Baru




Belitung – Keramat Sisilan / Makam K.A Siasip / Makam Di Balok Baru – Tidak jauh dari Situs Kerajaan balok Lama,Makam K.A Gede Ya’kub terdapat juga makam yang bisa menambah bukti sejarah pada masa Kerajaan Balok Di Pulau Belitung.Makam tersebut adalah Makam K.A Siasip atau yang lebih sering di sebut masyarakat setempat dengan sebutan Keramat Sisil.

Menurut sejarah K.A Siasip ini merupakan anak dari pasangan K.A Gending dan Dayang Kesah.Pada zaman pemerintahan Kerajaan Balok,setelah K.A Gending wafat,sebenarnya kekuasaan kerajaan/ gelar Depati Cakraningrat IV di berikan kepada K.A Siasip.Akan tetapi beliau lebih memilih menjadi Penghulu Agama Islam dan Akhirnya  kekuasaan Kerajaan Balok di pegang oleh K.A Bastam yang merupakan paman dari K.A Siasip sekaligus adik dari K.A Gending.




Keistimewaan Keramat Sisilan / Makam K.A Siasip / Makam Di Balok Baru

Pada Makam K.A Siasip ini di tumbuhi oleh pohon Sisil yang saat ini berukuran cukup besar.Dengan adanya pohon Sisil tersebut,masyarakat sekitar sering juga menyebut makam K.A Siasip ini dengan sebutan Keramat Sisilan.

Lokasi Keramat Sisilan

Lokasi Keramat Sisil/Makam K.A Siasip ini berada di Desa Balok Kecamatan Dendang Belitung Timur.Kurang lebih 50 km dari Kota Tanjungpandan.Tepatnya 100 meter dari jalan raya,berada di  sekitar pemakaman umum masyarakat Balok.

Akses ke Keramat Sisilan

Untuk menuju lokasi Keramat Sisilan/Makam K.A Siasip anda bisa menggunakan Mobil Rental,Motor Rental,Ataupun Jasa Travel .

Tiket ke Keramat Sisilan

Untuk masuk ke wisata sejarah ini anda tidak akan di pungut biaya apapun

Akomodasi Dan Fasilitas di Keramat Sisilan

Di sekitar Lokasi belum tersedia tempat penginapan.




Related Posts to "Keramat Sisilan / Makam K.A Siasip / Makam Di Balok Baru"