Saturday, 29 April 2017

Nirok dan Nanggok

A. Selayang Pandang

Nirok dan Nanggok merupakan kegiatan mencari ikan di sungai dan rawa-rawa yang kering pada saat musim kemarau.Biasanya kegiaan ini hanya di lakukan oleh masyarakat perdesaan dan telah menjadi rutunitas setiap musim kemarau tiba,sehinga membuat Nirok Nanggok ini menjadi salah satu budaya Masyarakat Pulau Belitung.

Nama budaya atau kegiatan Nirok dan Nanggok ini berasal dari nama alat yang di pergunakan.yaitu Tirok Dan Tanggok.

Tirok ini alat yang menyerupai tombak,terbuat dari kayu dan memiliki besi yang sangat runcing dan tajam pada ujung kayu tersebut.,memiliki kegunaan untuk menombak ikan

Sedangkan Tanggok merupakan alat sejenis Jala.Akan tetapi berukuran kecil dan bergagang yang terbuat dari bahan kayu,memiliki kegunaan untuk menangkap/menjaring ikan.

Biasanya hasil ikan yang sering di dapat dalam kegiatan Nirok Nanggok ini adalah ikan Mengkawak,Kelik,Linggang,Betok,Tupok,Kepuyu,Keperas dan berbagai macam ikan lain nya.

B. Keistimewaan

Dalam kegiatan Nirok dan Nanggok biasanya di pimpin oleh dukun kampung dan di lakukan beramai-ramai,bahkan terkadang hampir dalam satu kampung warga yang melakukan kegiatan ini.

C. Lokasi

Bagi wisatawan yang ingin melihat kegiatan Nirok dan Nanggok,anda bisa mengunjungi perdesaan yang ada di Pulau Belitung, seperti Desa Balok..Akan tetapi,Kegitan tersebut hanya di lakukan pada saat musim kemarau tiba.Jarak desa Balok sekitar 43 km dari Pusat Kota Tanjungpandan.

D. Akses

Untuk menuju lokasi kegiatan Nirok Nanggok di Desa Balok.anda bisa menggunakan kendaraan pribadi,mobil rental,motor rental dan jasa travel.

E. Tiket

Untuk melihat langsung kegiatan Nirok Nanggok,anda tidak akan di pungut biaya apapun

F. Akomodasi Dan Fasilitas

Di daerah Desa Balok untuk saat belum mempunyai fasilitas penginapan

Itulah sedikit informasi mengenai Nirok dan Nanggok di Pulau Belitung.Semoga bermanfaat !

Related Posts to "Nirok dan Nanggok"