Wednesday, 28 June 2017

Rumah Peninggalan Belanda Di Kelapa Kampit




Semenjak timah mulai di temukan di Pulau Belitung,bangsa Belanda mulai berdatangan untuk menambangnya.Rata-rata dari mereka menetap dan tinggal dalam waktu yang cukup lama saat itu.Sampai akhirnya mereka meninggalkan negri laskar pelangi ini,banyak bekas bangunan-bangunan yang di tinggalkan.Tentunya bangunan tersebut,dulu pernah menjadi tempat fasilitas mereka selama mendiami Pulau Belitung. Saat inipun bangunan belanda itu masih bisa di temukan walaupun sebagian sudah hancur.Salah satunya adalah Rumah peninggalan belanda di Kelapa Kampit.

( Salah satu rumah peningglan belanda di beliton kelapa kampit )

Rumah peninggalan belanda di kelapa kampit ini,merupakan lanjutan dari penjelajahan saya dari eks gudang dinamit.Salah satu bangunan bersejarah di belitung timur ini berada di kampung beliton.Menurut saya nama beliton ini pasti dulunya di ambil dari kata billiton.( ingatkan saya jika salah ).

( Salah satu rumah peningglan belanda di beliton kelapa kampit )

Yang membuat saya tertarik untuk menelusuri Rumah peninggalan belanda di Kelapa Kampit, di karenakan saya pernah mendapatkan informasi bahwa bangunan tersebut merupakan peninggalan belanda saat mereka mencari timah di Kelapa Kampit Belitung

( Salah satu rumah peningglan belanda di beliton kelapa kampit )




Jika di lihat dari bangunannya,jelas terlihat bahwa Rumah peninggalan belanda di Kelapa Kampit itu corak arsitekturnya berbeda dengan arsitektur layaknya rumah di belitung saat ini.Jadi saya sangat yakin bahwa bangunan tua tersebut merupakan bangunan peninggalan belanda yang bercorak arsitektur mereka sendiri.Namun untuk lebih memastikan nya lagi,di lain kesempatan saya akan mencoba mencari narasumber yang lebih mengetahui nya,guna mendapatkan informasi yang lebih akurat.

( Salah satu rumah peningglan belanda di beliton kelapa kampit )

Beberapa malam yang lalu,saya mencoba mencari informasi mengenai belitung melalui google belanda www.google.nl .Lumayan banyak informasi yang saya dapatkan disana.Di lain mencari informasi belitung, saya lebih mengkhususkan pencarian tentang belitung yaitu dengan menggunakan keyword kelapa kampit.Dalam penelusuran dengan keyword tersebut,saya terdampar di suatu blog yang membuat saya merasa puas mengunjungi blog tersebut.Mengapa demikian ? Karena di salah satu posting dalam blog itu terdapat informasi mengenai belitung,yang lebih di khususkan mengenai Kelapa Kampit.

Alamat blog tersebut http://asiatix.blogspot.com dan berbahasa belanda.Saya berpikir bahwa pemilik dari blog tersebut merupakan keturunan bangsa belanda dan pernah bermukim ataupun setidaknya memilki keluarganya di Kelapa Kampit Belitung.
Di beberapa Foto Dalam posting yang berjudul BILLITON itu terlihat foto-foto kenangan beliau.Seperti foto keluarga-keluarganya,Lapangan Tenis Di kelapa Kampit,dan rumah beliau dulu,serta foto-foto lain yang bisa anda lihat langsung diblog beliau.

( rumah pemilik blog asiatix.blogspot.com )

Di lain kesempatan,saya akan mencoba menghubungi beliau untuk menanyakan,apakah beliu benar-benar warga belanda yang pernah bermukim atau setidaknya memiliki keluarga di Kelapa Kampit Belitung.Selain itu saya juga akan menyakan apakah Rumah Beliau itu memang di bangun pada zaman belanda.Jika semua pertanyaan tersebut terjawab,berarti jelaslah bahwa rumah yang menjadi sasaran bidikan kamera saya yang juga sekaligus foto rumah beliau,sebagaimana terlampir dalam blog http://asiatix.blogspot.com merupakan Rumah peninggalan belanda di kelapa kampit.




Related Posts to "Rumah Peninggalan Belanda Di Kelapa Kampit"