Monday, 23 October 2017

Rumah Kapiten Phang Tjong Toen




Rumah Kapiten Phang Tjong Toen merupakan salah satu bangunan bersejarah di Belitung dan termasuk dalam benda cagar budaya yang di lindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Benda Cagar Budaya.

Rumah Kapiten Phang Tjong Toen ini adalah benda cagar budaya yang berada di kota Tanjungpandan,sama halnya dengan Eks.Holland Indisch School, Eks.Rumah Kolonial,Eks. Kantor Asisten Residen, Eks.Tuindienst, Dockyard, Benteng Kuehn,Gedung Nasional, Eks. Europeeshe Kliniek, Eks.Chineesch Hospital,Rumah Tuan Kuase yang telah saya posting sebelumnya.

Lokasi tepat Rumah Kapiten Phang Tjong Toen,berada di deretan toko aneka.,jalan Endek Tanjungpandan Belitung.Jika anda yang sering berbelanja di pasar tanjungpandan dan melalui jalur jalan tersebut,tentunya akan melihat bangunanan bersejarah itu.

Sebagaimana informasi yang saya dapat Phang Tjong Toen adalah seorang kapiten dan sekaligus merupakan juru tulis tambang sejak John F. Loudon saat mulai membuka pertambangan timah di Belitung pada tahun 1853 silam.

Untuk menetap di pulau penghasil timah ini kapiten Phang Tjong Toen membangun sebuah rumah bercirikan arsitektur yang khas. Dan di perkirakan di bangun pada tahun 1868 atau kurang lebih telah berusia 143 tahun sampai saat ini.Namun walaupun telah memiliki usia yang lama,bangunan tersebut tetap terlihat masih dalam kondisi utuh.

Rumah kapiten Phang Tjong Toen memang benda cagar budaya yang di lindungi,namun bukan merupakan milik pemerintah.Tapi meskipun demikian bagunan tua tersebut tetaplah di rawat oleh keturunan nya,yaitu Ny. Ester Lena.




Related Posts to "Rumah Kapiten Phang Tjong Toen"