Monday, 27 March 2017

Makam Di Pulau Seliu

Makam di Pulau Seliu merupakan penjelajahan saya kali ini yang berkaitan dengan wisata sejarah khususnya makam dan Keramat di Belitung.Adapun beberapa posting sebelumnya yang terkait,seperti Makam Situs Gunung Lilangan,Kermat Pesak,Makam Tuk Kundo,Makam Raja Balok Lama,Makam K.A Siasip.

Di Pulau Belitung ini banyak sekali makam mapun keramat yang memiliki nilai sejarahnya.Baik itu makam para raja-raja beserta keturunan,para pahlawan,maupun makam orang belanda yang dimana dulunya mereka pernah mendiami negri lascar pelangi ini.Salah satu makam di Belitung yang akan saya bahas kali ini adalah Makam Di Pulau Seliu.

Beberapa waktu yang lalu,saya sudah pernah memposting tentang Pulau Seliu,dimana posting itu saya ambil dari pengalaman ketika berkunjung kesana,Namun di kunjungan pertamai tu,sedikitpun saya tidak mengetahui bahwa di pulau yang terkenal banyak buah mangganya itu terdapat sebuah makam yang saya rasa memiliki nilai-nilai sejarah bagi masyarakat nya.

Sebenarnya sedikit informasi yang saya dapat mengenai Makam di Pulau Seliu ini mengingat saya belum pernah menanyakan hal mengenai makam tersebut kepada masyarakat sekitar yang mengetahui sejarahnya.Namun guna berbagi infomasi kepada pengunjung setia jelajahbelitung.com yang berada di belitung maupun dari luar,akhirnya saya putuskan untuk memposting nya.Tentunya di lain kesempatan,saya akan berusaha mencari informasi mengenai makam tersebut guna mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Ok,mengapa posting ini saya beri judul Makam di Pulau Seliu ? padahal jika di pikir-pikir,judul tersebut mengarah kepada pengertian umum,Bisa saja di artikan perkuburan atau pemakaman umum di Pulau Seliu.Padahal yang akan saya bahas hanyalah satu makam saja

Yang membuat saya memberi judul posting ini Makam Di Pulau Seliu di karenakan saya tidak mengetahui jelas nama yang dimakamkan pada makam itu,

Makam di Pulau Seliu ini berada tengah di perkampungan,Tepatnya terletak persis di depan salah satu rumah-rumah panggung lama.

Sesuatu yang saya anggap istimewa dan unik dengan makam tersebut,karena di sekeliling makam di batasi oleh dinding tembok yang tentunya menutup pandangan mata untuk melihat isi di balik tembok tersebut.

Pada dinding tembok yang membatasi sekeliling makam pulau seliu tersebut terdapat tulisan yang saya rasa sengaja di buat, yaitu bertulisan “13/3/1991 MAKAM H.ABD.MADJID” ( ingatkan saya jika salah ).Saya berpikir tulisan yang terdapat di makam itu pasti memiliki arti :

  • 13/3/1991 adalah waktu wafatnya
  •  H.ABD.MADJID : Nama orang yang dimakamkan/

Tujuan penulisan waktu dan nama pada makam tersebut tentunya berguna,agar orang yang melihatnya tau siapa yang dimakamkan dan waktu wafatnya,yang sama layaknya tulisan yang terdapat pada nisan-nisan di perkuburan umum.

 

Walupun pada dinding tembok yang menutup makam terdapat tulisan yang cukup jelas nama yang dimakamkan,Namun saya belum bisa membuat judul posting ini dengan Judul sebagaimana yang tertulis pada dinding makam.Hal tersebut di karenakan saya belum mendapatkan informasi detil dan akurat mengenai makam itu.

Mengingat waktu itu kunjungan saya sangatlah sempit,membuat saya tidak begitu fokus, menggali infomasinya.Mungkin di lain kesempatan,saya akan mencoba mencari informasi detil mengenai Makam di Pulau Seliu itu.Atau mungkin di antara anda,ada yang mengetahui informasi detil nya ? jika anda banyak mengetahuinya,silahkan berbagi kepada saya dan tentunya kepada seluruh lapisan masyarkat.

Related Posts to "Makam Di Pulau Seliu"