Friday, 28 April 2017

Jejak Anak-Anak Bumi Laskar Pelangi ” Di Pelabuhan Rakyat Dendang “

Jejak Anak-Anak Bumi Laskar Pelangi Di Pelabuhan Rakyat Dendang .Tidak hanya membahas tentang objek wisata di belitung seperti pantai,pulau,makam,benda cagar budaya, spesial buat pengunjung setia jelajahbelitung.com saya juga akan membahas tentang kegiatan anak-anak di bumi laskar pelangi ini.

Dalam menelusuri jejak-jejak anak-anak bumi laskar pelangi ini,saya akan mencoba berjelajah dari kampung ke kampung di seluruh pelosok Pulau Belitung.

Posting pertama mengenai jejek-jejak anak bumi laskar pelangi adalah tentang kegiatan anak yang berada di pelabuhan rakyat di kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur.

Pada hari jumat 14 Oktober 2011 saya merasa bosan dan jenuh di rumah.Karena saat itu tidak ada kegiatan yang akan saya lakukan,akhirnya saya putuskan untuk pergi jalan-jalan sambil berjelajah mencari data-data pulau belitung sebagai bahan posting di jelajahbelitung.com

Sekitar pukul 13.05 wib saya berangkat dari rumah ( desa balok ) langsung menuju pelabuhan Rakyat Dendang,karena selain wisata sejarah makam keramat Raja Balok pertama Syeckh Abdul Jabbar atau Ki Gede Ya’kub pelabuhan tersebut merupakan objek wisata kedua yang terdekat dari kediaman saya.

Sesampai di Pelabuhan Dendang,saya langsung mencari posisi untuk bersantai sambil menikmati pesona di sekitar pelabuhan.

Tak begitu banyak perubahan yang terlihat pada Pelabuhan Rakyat Dendang ini setelah terakhir saya mengunjunginya.Bahkan kondisi deramaga yang berperan penting bagi para nelayan masih dalam keadaan yang rusak.

Menurut saya dengan keindahan laut yang dimilkinya, Pelabuhan rakyat Dendang ini bisa di jadikan salah satu objek wisata yang ramai di kunjungi oleh para wisatawan layaknya seperti Pantai Tanjung Kelayang,Pantai Tanjung Tinggi,Pulau Lengkuas yang begitu sangat populer di kalangan masyarakat lokal maupun luar belitung pada saat ini.

Apalagi pada saat ini di pelabuhan sudah terdapat sebuah warung yang menjual berbagaimacam minuman dan makan ringan.Dengan Kehadiran warung tersebut,tentunya bisa menjadi penunjang pariwisata disana.

Kembali ke laptop :D.Guna bersantai sambil menikmati keindahan sekitar,saya putuskan untuk meminta izin kepada pemilik warung yang menjual berabagaimacam minuman dan makanan ringan untuk duduk di tempat yang telah mereka siapkan disana.

Setelah di persilahkan duduk,tidak lupa saya memesan segelas kopi hangat yang akan menemani saya selama bersanatai-santai menikmati panorama pelabuhan Dendang.

Saat bersantai,Sambl menikmati kopi yang saya  pesan,mata saya selalu di hiasi panorama mempesona di sekitar pelabuhan.Dari kejauhan terlihat deretan pulau kecil dan beberapa perahu nelayan yang seakan sengaja disusun rapi untuk melengkapi keindahan pelabuhan dendang.

Beberapa menit kemudian saya mencoba untuk berjalan dan berkeliling di sekitar pelabuhan.Saya berharap  akan mendapatkan suasana lain yang terpendam di pelabuhan dendang ini.

Baru berapa langkah saya berjalan,dari jauh terlihat tiga bocah kecil yang sedang bermain-main di sekitar pelabuhan.Nah setelah  melihat ketiga anak yang sedang bermain itu,saya langsung berpikir untuk mendokumentasikan kegiatan mereka dan tentunya bisa di jadikan bahan posting jelajahbelitung.com

Beberapa saat kemudian saya mendekati ketiga bocah itu.Disana saya bertanya-tanya mengenai mereka.Setelah berbincang-bincang,saya meminta izin pada mereka,bahwa saya ingin mendokumentasikan kegiatan yang mereka lakukan.

Sambil berbicara yang di selingi candatawa, mereka menjawab “kuang be bang. Macam acara si bolang  ye ke bang ( Boleh bang. seperti acara si bolang aja ya bang )  “. Mendengar jawaban mereka itu saya hanya meng iakan saja dan tentunya saya merasa senang,karena mereka sangat menyetujui saya mendokumentasikan kegiatannya.Saya berpikir Walaupun dokumentasi mereka tidak mungkin masuk tv layak nya acara si bolang yang di tayangkan di trans 7,setidaknya dokumentasi mereka akan masuk dalam web jelajahbelitung.com yang saat ini mulau dikenal oleh masyarakat.

Kegiatan pertama yang di lakukan oleh ketiga bocak cilik itu adalah bermain catur.Wow sungguh tak ku sangka,ternyata mereka sangat mahir dalam bermain catur.bahkan saya pun kalah saat bertanding dengan mereka.

Setelah mereasa puas bermain catur,mereka melanjutkan kegiatan memacing ikan di sekitar pelabuhan.Sebagaimana yang mereka sampaikan kepada saya,kegiatan memacing ini hampir setiap hari mereka lakukan

Umpan yang mereke gunakan untuk memancing adalah kerang kecil ( dalam bahasa belitung disebut tekuyong,red ) yang bisa mereka dapatkan di sekitar pelabuhan.

Beberapa hasil ikan yang biasa mereka dapat kan dalam kegiatan memacing  seperti ikan seriding,ikan beluko namun rata-rata ikan tersebut masih lah kecil,mengingat mereka hanyalah memancing di bagian tepi pada pelabuhan yang tentunya sangat sulit untuk mendapatkan hasil ikan yang besar.

Tapi mereka tidaklah berkecil hati walaupun hanya mendapatkan hasil ikan yang kecil,karena kegiatan memancing yang mereka lakukan bukan lah semata-mata untuk mendapatkan hasil ikan nya,namun hanyalah sekedar hobi yang bisa mengisi hari-hari mereka.

Tak terasa waktu bersama mereka.Setelah melihat jam tangan saya,ternyata hari sudah menunjukan pukul 04.50 yang menandakan hari sudah sore.Akhirnya saya putuskan untuk menyudahi mendokumentasikan kegiatan anak-anak bumi laskar pelangi itu.

Setelah saya menyudahi  mendokumentasikan kegiatan tiga bocah itu,akhirnya nya mereka juga saya anjurkan untuk pulang kerumah,karena hari sudah hampir menjelang malam.Mendengar perintah saya itu,akhirnya mereka pun menyetujui dan segera melangkahkan kaki menuju rumah masing-masing.

Nah itulah sekilas cerita tentang kegiatan anak-anak di bumi laskar pelangi.Jadilah pengunjung setia jelajahbelitung.com,karena saya akan selalu berbagi semua cerita yang berkaitan dengan Pulau Belitung kepada anda semua.

Selang waktu beberapa menit,akhirnya saya juga memutuskan untuk pulang kerumah.Banyak hal positif yang bisa saya ambil dalam penjelajahan kali ini.Terlebih lagi semua rasa bosan dan jenuh saya tentunya bisa terobati.

Di lain kesempatan saya akan coba menelusuri jejak anak-anak bumi laskar pelangi seperti bebanjor,bejerat puyo,mentandik,nyerakap,meletik dan lain-lain.Jadi silahkan tunggu update-update terbaru dari jelajahbelitung.com . Salam hangat dari bumi laskar pelangi :)

 

 

 

Related Posts to "Jejak Anak-Anak Bumi Laskar Pelangi ” Di Pelabuhan Rakyat Dendang “"