Tuesday, 24 October 2017

Benda Cagar Budaya Di Belitung – Eks. Rumah Zusterhuis




Benda Cagar Budaya Di Belitung-Eks. Rumah Zusterhuis adalah salah satu benda cagar budaya Belitung yang berada di Pusat Kota Tanjungpandan.Bangunan ini tentunya memilki nilai sejarah seperti hal nya dengan beberapa bangunan yang telah saya posting sebelumnya seperti Rumah Kapiten Phang Tjong Toen,Eks.Holland Indisch School,Rumah Kolonial,Eks.Kantor Asisten Residen

Sebelumnya saya tidak mengetahui tentang Eks.Rumah Zusterhuis ini.Tapi setelah membaca buku peta cagar budaya Kabupaten Belitung yang saya pinjam di perpusatakaan Tanjungpandan,akhirnya sedikit saya mengetahui tentang nya yang ternyata bangunan tersebut termasuk dalam cagar budaya dan pastinya memiliki nilai sejarahnya bagi masyarakat Pulau Belitung khususya di Kota Tanjungpandan.

Sayangnya,di dalam Buku peta cagar budaya kabupaten itu tidak tertera informasi rinci mengenai masing-masing cagar budayanya.Hanya tertera nama dan lokasi yang di buat dalam peta.Begitupun dengan Eks.Rumah Zusterhuis ini,tidak tertera informasi detil mengenainya pada buku tersebut.




Jika tidak membaca buku peta cagar budaya Kabupaten Belitung itu,saya mungkin belum mengetahui bahwa Eks.Rumah Zusterhuis merupakan benda cagar budaya di Belitung yang berlokasi di tanjungpandan.

Dengan rasa penasaran yang bermodalkan petunjuk lokasi yang saya dapat dari buku peta cagar budaya kabupaten Belitung,akhirnya saya berjelajah untuk mencari Eks.Rumah Zusterhuis.Mengingat akses ke lokasi menuju bangunan bersejarah itu sangat mudah,tentunya tidaklah membutuhkan waktu yang lama untuk mencari dan menemukan nya.

Eks.Rumah Zusterhuis ini berada di Jln.Rumah Sakit Tanjungpandan Belitung.,tidak berjauhan dengan rumah Sakit Umum Kabupaten Belitungyang dulunya merupakan bangunan Eks. Europeeshe Kliniek

Zusterhuis jika di terjamahkan dari bahasa belanda ke bahasa Indonesia,mempunyai arti Perawat.Jadi saya dapat menyimpulkan bahwa salah satu benda cagar budaya di Belitung ini dulunya di gunakan atau berfungsi sebagai rumah perawat atau boleh di bilang rumah dinas bagi seorang perawat.( ingatkan,jika saya salah ).

Saya sempat berpikir,tepat di depan Eks.Rumah Zusterhuis ini dulunya adalah bangunan Eks. Europeeshe Kliniek yang saat ini RSUD belitung.Apakah hal tersebut mempunyai kaitan dengan keberadaan Eks.Rumah Zusterhuis ini ? tentunya untuk memastikan dan mengetahui jawaban nya,harus lah di tanyakan kepada ahli sejarah Belitung.

Jika di lihat dari ciri arsitektur bangunannya, Rumah Eks.Zusterhuis sangatlah berbeda dengan arsitektur bangunan saat ini pada umumnya.Saya kira,bangunan tersebut adalah ciri arsitektur belanda yang di bangun pada saat pemerintah kolonial menguasi pulau Belitung ini.

Di lain kesempatan saya akan mencoba bertanya kepada ahli sejarah Belitung mengenai benda cagar budaya.Semoga nantinya saya akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan tentunya,salah satu info yang akan saya tanyakan adalah mengenai Benda Cagar Budaya Di Belitung – Eks. Rumah Zusterhuis ini




Related Posts to "Benda Cagar Budaya Di Belitung – Eks. Rumah Zusterhuis"