Saturday, 29 April 2017

Rumah Saudagar Cina

Rumah Saudagar Cina. Pada hari Jumat,28 oktober 2011 saya kena jadwal libur kerja.Biasanya untuk mengisi hari libur tersebut saya lakukan dengan berjelajah keliling belitung mencari data-data untuk di posing pada jelajahbelitung.com . Tapi terkadang saya juga pergi ke kolong bantu-bantu mertua untuk menambang biji timah.Lumayan lah buat tambah isi kantong :D

Namun kali ini saya tidak melakukan kedua hal tersebut,melainkan memutuskan untuk pergi jalan-jalan ke kota tanjungpandan dengan tujuan bukan untuk berjelajah.

Tujuan utama saya pergi jalan-jalan ke Kota Tanjungpandan adalah menuju pusat perbelanjaan Barata Depertement Store,karena kebetulan ada barang yang ingin saya beli disana.Setelah mendapatkan barang yang saya inginkan itu,akhirnya saya segera beranjak keluar dari barata dan berencana untuk melanjutkan jalan-jalan lagi ke tempat lain.

Setiba di tempat saya memarkirkan motor,sejenak mataku tertuju ke suatu bangunan yang letaknya nyaris di depan barata.Sebenarnya bangunan tersebut sudah tidak asing lagi dan sering saya lihat sebelumnya.Namun berbekal informasi yang saya dapat dari buku peta cagar budaya belitung yang saya pinjam di perpustakaan umum tanjungpandan,tertera informasi bahwa bangunan tersebut termasuk dalam benda cagar budaya belitung,tergerak la saya untuk mendokumentasikan bangunan tersebut  menjadi sebuaah foto dengan menggunakan kamera ponsel.

Sebelumnya niat saya ke kota tanjungpandan bukan untuk berjelajah mencari informasi sebagai bahan posting,namun hanyalah untuk jalan-jalan.Tetapi ternyata juga mendapakan informasi yang sangat berguna bagi saya.

Kembali ke laptop :D Sebagaimana informasi  pada buku peta cagar budaya di belitung milik perpustakaan tanjungpandan,bahwa bangunan tersebut adalah salah satu benda cagar budaya belitung yang bernama Rumah Saudagar Cina.

Sedikit informasi yang saya dapat mengenai Rumah Saudagar Cina ini.Karena saat itu, saya tidak punya waktu begitu banyak,untuk mampir menayakan sejarah rumah tersebut kepada pemiliknya.Jika di lihat dari ciri-ciri bangunan,arsitektur nya memang berbeda dengan bangunan di belitung saat ini pada umumnya,serta memiliki ukuran yang saya anggap lumayan besar.

Apakah memiliki ukuran bangunan yang besar tersebut berkaitan dengan namanya,yaitu rumah sudagar cina? Kalau kita artikan,saudagar adalah seorang pedagang besar.Jadi bangunan tersebut bisa di artikan atau boleh di bilang dengan sebutan rumah seorang pedagang besar cina.Tentunya jika seorang pedagang besar pasti mempunyai uang yang banyak, tidak seperti saya ini :D.Bagi seorang pedagang besar untuk membanguna sebuah rumah dengan ukuran yang besar tentunya hal mudah bagi nya.

Namun untuk memastikan dan mendapatkan informasi yang lebih akurat,haruslah di tanyakan langsung kepemilik rumah saudagar cina itu.Mungkin di lain kesempatan dan mempunyai waktu luang saya akan menggali informasu lebih dalam mengenainya

Nah itulah sekilas cerita perjalan saya hari ini jumat,28 oktober 2011 yang bermula dari jalan-jalan dan berakhir mendapatkan sedikit data serta dokumentasi foto rumah saudagar cina yang berada di pusat kota tanjungpandan.

Setelah selesai mendokumentasikan Rumah Saudagar Cina tersebut akhirnya saya memustuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan segera pulang,mengingat saat itu tiba-tiba kondisi cuaca di kota tanjungpandan tidak mendukung yang saya rasa tidak lama lagi akan di guyur hujan.

 

 

 

Related Posts to "Rumah Saudagar Cina"