Monday, 27 March 2017

Pertokoan Lama Di Kota Tanjungpandan Yang Bercorak Arsitektur Cina

Pertokoan Lama Di Kota Tanjungpandan Yang Bercorak Arisitektur Cina-Setelah Bangsa Kolonial Belanda berhasil menemukan timah di Pulau Belitung khususnya di Kota Tanjungpandan, mereka mulai mendirikan perusahaan penambangan timah dengan nama Billiton Maatschappy pada tanggal 15 November 1860. Sejak itu perekonomian Belitung berkembang dengan pesat.

Saat itu mereka mulai membangun berbagai macam fasilitas kota, seperti kantor-kantor pemerintah Hoofdkantor Billiton Mij, Emplasemen Billiton Mij, Gedung Societeit, Gedung Landraat, Kantor Assisten Residen, Gedung Tuindienst, Handel Mij Borneo Sumatra, Europeesche Kliniek, Hollandsch Indische School, gereja Kapel Juliana, Rumah Tuan Kuase ,Dockyard, dan lain-lain.

Sementara itu,orang-orang Cina mulai berdatangan ke Tanjungpandan untuk menjadi pekerja tambang yang berada di bawah pengawasan Kapten Ho A Jun.Penambang timah orang cina tersebut,saat ini lebih di kenal dengan sebutan Cina Kuncit oleh masyarakat Belitung.

Di samping menambang timah, di antara mereka orang-orang cina tersebut,ada juga yang membangun berbagai sarana dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan, di antaranya pusat pertokoan sebagai sarana untuk berniaga.Nah Bangungan pertokoan tersebut tentunya bercorak khas arsitektur mereka sendiri.

Pada foto yang saya abadaikan berikut,merupakan pertokoan lama yang berada di pusat kota Tanjungpandan dan bercorak arsitektur cina.Sebenarnya saya belum pernah menayakan kebenaran tersebut kepada pemiliknya.Namun saya sangat yakin,bahwa bangunan tersebut adalah pertokoan yang telah memliki usia yang tidak sedikit.

Jika di lihat dari ciri arsitektur bangunannya saja,sangatlah berbeda dengan pertokan saat ini.Namun sebagian,juga ada yang menganut bangunan pertokoan berarsitektur cina tersebut.

Tidak hanya berada di Kota Tanjungpandan saja, pertokoan lama berciri arsitektur cina ini juga terdapat di kota-kota lain di Pulau Belitung seperti Kota Manggar dan Gantung.

Nah,itulah posting saya yang berjudul Pertokoan Lama Di Kota Tanjungpandan Yang Bercorak Arisitektur Cina.Semoga bisa menambah informasi anda mengenai pulau Belitung.Jika ada kesalahan informasi dan kata-kata,mohon di maklumi dan menjadi bahan diskusi kita bersama :) .

Related Posts to "Pertokoan Lama Di Kota Tanjungpandan Yang Bercorak Arsitektur Cina"