Tuesday, 24 October 2017

Liburan di Belitung




belitung – Liburan di Belitung.Mungkin saat ini anda sudah memikirkan rencana liburan di akhir tahun 2011 ini.Disini saya akan merekomendasikan tempat wisata yang bisa anda kunjungi,yaitu belitung.

Belitung saat ini sedang hangat-hangat nya di bicarakan banyak orang,karena salah satu pulau kecil di Indonesia ini menyimpan segudang objek wisata yang menakjubkan.Awal terbongkar nya hal tersebut,berawal dari Film Laskar Pelangi,dimana latar dalam film tersebut,semuanya menggambarkan alam Pulau Belitung,termasuk objek wisatanya.

Pada bulan Oktober 2011 yang lalu,di adakan sebuah event besar di belitung.Yaitu Sail Wakatobi Belitong 2011.Saat itu pulau yang terkenal akan batu satam nya ini menjadi lebih di kenal seantero Indonesia dan luar negri.

Sejak saat itu sampai saat ini,para wisatawan berbondong-bondong untuk Liburan di belitung.Hal tersebut terbukti di beberapa hotel di belitung yang selalu di penuhi oleh wisatawan dan juga terlihat dari Jasa Tour Travel Belitung yang selalu sibuk bolak balik mengantarkan mereka ke objek-objek wisata belitung.

Kebanyakan dari mereka yang ingin liburan di belitung ini di sebabkan ingin melihat objek-objek wisata yang terdapat pada Film Laskar Pelangi.Seperti Pantai Tanjung Tinggi,SD Muhammadiyah Gantong,serta bertemu dengan Ibu Muslimah dan anak-anak laskar pelangi yang menjadi pemeran dalam film.

Setelah adanya event Sail Walatobi Belitong 2011,sebagian para wisatawan yang ingin liburan di belitung,di karenakan penasaran dan ingin tau lokasi pusat di adakan nya event tersebut.Yaitu Pantai Tanjung Kelayang.Pantai ini terkenal dengan pasir pantai nya yang putih dan terdapat jejeran batu granit.Selain itu,tak begitu jauh dari pantai,terdapat Pulau Batu yang berbentuk kepala burung.Masyarkat Pulau Belitung menyebut batu tersebut dengan sebutan Batu Kelayang dan ada sebagian yang menyebutnya Batu Kepala Burung Garuda.Batu Kelayang mempunyai legenda turun temurun bagi masyarakat Belitung.Dengan keunikan nya membuat batu Kelayang ini di percaya sebagai maskot Sail Wakatobi – Belitong 2011 dan sekaligus menjadi latar header jelajahbelitung.com :D.Bahkan di kabarkan,legenda batu kelayang atau batu garuda/gerude saat ini sudah di film kan.

Terlepas dari hal di atas,para wisatawan yang ingin liburan di belitung,mendapatkan rekomendasi dari keluarga dan kerabat yang telah berkunjung terlebih dahulu.Di balik itu,pada zaman era teknologi saat ini,sebagian wisatawan yang berkunjung ke belitung,mendapatkan informasi lewat media internet.Salah satu web yang menyediakan infomasi tentang belitungadalah Jelajahbelitung.com :D.

Beberapa Objek wisata di belitung yang saya rekomendasikan untuk anda yang ingin liburan di Belitung :

Pantai Tanjung Tinggi, Pantai ini letaknya kurang lebih 27 km dari pusat Kota Tanjungpandan.Lama perjalanan menuju lokasi di perkirakan 30 menit.Pantai ini merupakan salah satu tempat lokasi syuting Film laskar Pelangi.Jejeran batu granit berbagai ukuran menjadi keistimewaan tersendiri pada pantai ini.

Pantai Tanjung Kelayang : Pantai ini tak begitu jauh dari Pantai Tanjung Tinggi.Pantai ini merupakan Lokasi Utama di adakan nya event Sail Wakatobi belitong 2011.Keistimewaan,pantai yang terkenal dengan pasir pantai nya yang putih dan tak begitu jauh dari lokasi terdapat pulau yang unik,yaitu Pulau Batu kelayang atau Pulau Batu Garuda.

Pulau Lengkuas , Pulau ini masih berada di kawasan Pantai Tanjung Tanjung Kelayang.Hanya saja untuk menuju lokasi kita membutuhkan perahu boat untuk menyebrangi laut.Akses menuju lokasi bisa di lewati dari Desa nelayan Tanjung Binga ataupun dari Pantai Tanjung kelayang.lama perjalan laut rata-rata 25 menit sampai denan 30 menit.Keistimewaan pada pulau ini.Terdapat sebuah mercusuar peninggalan belanda,yang bilamana kita mendakinya sampai ke atas,kita akan di sungguhkan dengan pemandangan yang mempesona.




Replika SD Muhammadiyah atau SD Laskar Pelangi ,SD yang terdapat dalam film Laskar Pelangi.Berada di Kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur.Lama perjalan dari Pusat Kota Tanjungpandan kurang lebih 1,5 jam sampai dengan 2 jam.

Pantai Burung Mandi dan Pantai Bukit Batu : Pantai ini saling berdekatan.Berada di Desa Sukamdi Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur.Jarak Tempuh dari Pusat Kota Tanjungpandan kurang lebih 1 jam sampai 1.5 jam.Kesitimewaan pada pantai ini tak jauh berbeda dengan pantai-pantai belitung lainnya,yang rata-rata terdapat jejeran batu granit.

Vihara Dwi Kwan Im : Merupakan Tempat ibadah bagi umat Agama Budha.Konon sudah di bangun sejak ratusan tahun yang lalu.Lokasinya tidak berjauhan dengan Pantai Burung mandi dan Pantai Bukit Batu.

Patai Serdang ,Pantai ini terkenal dengan pasir pantai nya yang putih dan lokasi tempat untuk menyaksikan sunrise.Terletak 1 kilometer dari Pusat Kota Manggar.

Pantai Nyiur Melambai atau pantai Lalang, Sama hal nya dengan pantai Serdang.kesitimewaan nya memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang bersih dan jernih.1-2 km dari Pusat Kota Tanjungpandan.

Bukit Samak A1 , Sebuah bukit berketinggian kurang lebih 130 meter yang di tata sedemikian rupa,sehingga menjadi objek wisata di belitung timur.Bila berada di atas bukit ini,kita bisa melihat alam di sekitar Kota Manggar.Konon bukit ini dulu pernah di gunakan sebagai tempat fasilitas bagi kolonial belanda kala itu.Letaknya kurang ebih 1 sampi 2 kilometer dari Pusat Kota Manggar.

Bendungan Pice , Bendungan peningalan Bangsa belanda yang berfunagsi untuk menahan atau membendung dan mengatur tinggi rendahnya air Sungai Lenggang  guna mempermudah system kerja kapal keruk melakukan eksplorasi timah kala itu.Namun saat ini sudah tidak berfungsi seperti dulu.Namun peninggalan sejarah ini di jadikan objek wisata bagi masyarakat.Bendungan Pice berlokasi di Kecamatan Gantong Kabupaten Belitung Timur.

Situs Kerajaan Balok Lama : Situs ini merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi Pulau Belitung.Tempat ini merupakan bekas lokasi Kerajaan Balok Lama.Selain itu,pada lokasi terdapat Makam Raja Balok pertama,Ki Gede Ya’kub dan Walinya Syech Abdul Jabar.Keunikan dan kesitimewaan pada situs ini,yaitu di sekitar lokasi terdapat pohon-pohon lama dan besar yang saat ini pohon tersebut sudah nyaris tak bisa di temukan di Pulau Belitung.Dengan lokasi yang terawat,membuat para wisatawan merasa betah disana untuk berziarah ataupun sekedar melihat-lihat.Lokasinya berada di Desa Balok Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur.Kurang lebih 45 kilometer dari Pusat Kota Tanjungpandan.Mengingat tempat tinggal saya tak begitu jauh dari lokasi situs,tepatnya berada di Dusun Air Nangka Desa Balok,jika anda ingin meminta bantuan untuk mengakses lokasi,jangan sungkan untuk bertanya kepada saya.

Untuk liburan di Belitung,tentu sebelumnya anda harus mempersiapkan segala hal agar semua berjalan dengan lancar.Anda harus mengetahui jadwal dan maskapai pesawat ke Belitung.Jika dari Jakarta perjalanan udara menuju belitung kurang lebih selama50 menit sudah tiba di Bandara H.AS Hanandjoeddin atau yang dulu di sebut Bandara Buluh Tumbang.Untuk tiket pesawat belitung,terbilang cukup mahal.jadi saya tidak bisa merekomendasikan kepada anda dimana tempat yang menjual tiket pesawat belitung yang murah.Untuk memesan nya,mungkin anda bisa minta bantuan kepada jasa tour travel.

Jika anda menggunakan jasa tour travel yang ada di belitung,carilah paket tour belitung murah.Namun walaupun murah tetap melayani secara propesional.Biasanya mereka mengadakan promo di waktu-waktu tertentu.Semoga saja di liburan akhir tahun 2011 nanti mereka mempunyai promo paket liburan belitung akhir tahun 2011. Sedangkan tempat untuk anda beristirahat selama liburan di belitung,anda bisa memilih berbagaimacam Hotel berbintang,Penginapan sesuai budget anda.Jika menggunakan jasa tour travel,untuk hotel sudah dalam satu paket mereka,sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membooking nya sendiri.

Ok untuk sementara itu saja objek wisata di Pulau Belitung  dan infomasi persiapan liburan ke belitung yang saya rekomendasikan kepada anda .Di lain kesempatan,tentunya saya akan menambahkan objek-objek wisata baru dan informasi tambahan lain untuk anda yang ingin liburan di belitung.




Related Posts to "Liburan di Belitung"