Tuesday, 22 August 2017

Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur




heru suhendaka di pantai olie pierBelitung,Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur – Pada 1 Januari 2012 yang lalu,tujuan objek wisata utama saya ketika berwisata ke Belitung Timur adalah ke Pantai Olie Pier,yang konon pantai ini memiliki nilai sejarah bagi masyarkat Pulau Belitung,khususnya di kota manggar Belitung Timur.

Lokasi Pantai Olie Pier berada Desa Lalang Kecamatan Manggar, Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung, yang tidak berjauhan dengan Pantai Keramat yang terkenal dengan adanya gugusan Batu Keramat nya itu.

Pantai Olie Pier memang tak sepopuler layaknya pantai di belitung timur lainnya seperti Pantai Nyiur melambai,Pantai Serdang,Pantai Burung Mandi,pantai Bukit Batu dan pantai lainnya,namun menurut saya dari sisi lain, pantai ini mempunyai daya tarik tersenidiri untuk memikat para wisatawan untuk berkunjung.

wisatawan yang sedang berada di pantai olie pier




Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur

Olie Pier merupakan Bahasa Belanda.Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai makna Olie adalah minyak dan Pier adalah Pelabuhan.Jika di gabungkan mempunyai makna Pelabuhan Minyak Ya,dulu Pantai Olei Pier Memang juga merupkan Pelabuhan minyak,yang di bangun oleh Belanda ( NV Billiton Maatschappij  ) untuk mensuplay bahan bakar minyak guna memenuhi kebutuhan kendaraan,perkantoran dan penambangan timah termasuk juga EC  kala itu.Sehingga jangan heran jika sebagain orang menyebut pantai ini dengan sebutan Pelabuhan Olie Pier ataupun Pelabuhan Minyak Ketika saya mengujungi Pantai Olie Pier pada 1 januari 2012 yang lalu,mata saya langsung tertuju ke sebuah deramaga.

dermaga pantai olie pier

Nah,konon dermaga tersebut dulu di gunakan untuk bersandarnya kapal-kapal pengangkut bahan bakar minyak Sungguh amat memprihatinkan,kini dermaga Oli Pier telah rusak.Bahkan sebagaian dari bangunan hanyalah tinggal tiang penyangga saja.Kini Dermaga yang memiliki nilai sejarah ini sering di gunakan oleh para nelayan sebagai tempat untuk memancing. Disisi lain,pada bibir Pantai Olie Pier terlihat jelas bahwa pantai sudah mulai terkikis termakan oleh air laut.Bukankah hal tersebut bisa berdampak merusaknya keindahan Pantai Olie Pier ? tentunya iya !

Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur

Harapan saya mewakili seluruh masyarakat Pulau Belitung,semoga kedepan Pantai Olie Pier ini bisa mendapatkan perhatian lebih oleh pihak-pihak terkait.Karena sebagaimana yang kita ketahui pada pantai ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang cukup baik,terutama mengandung nilai sejarah yang cukup tinggi yang pastinya bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Belitung guna mengetahui lebih jauh mengenai Pantai Olie Pier ini.

Demikianlah posting Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur dari saya.Jika ada kesalahan kata-kata dan informasi,mohon di maafkan.Jika memang terdapat kesalahan,mohon di maafkan.Tujuan jelajahbelitung.com adalah untuk ikut berperan serta dalam membangun dan mempromosikan Pulau belitung.




Related Posts to "Pantai Olie Pier di Manggar Belitung Timur"