Monday, 26 June 2017

Wisata Minat Khusus Pulau Belitung – Mencari Rebung




Wisata Minat Khusus Pulau Belitung - Mencari RebungWisata BelitungWisata Minat Khusus Pulau Belitung – Mencari Rebung – Sebelum saya mengulas informasi Mencari Rebung ini, ada baik nya terlebih dahulu saya menjelaskan apa itu Rebung.

Rebung atau yang sering di sebut oleh masyarakat Pulau Belitung dengan nama Rebong ini adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu ( bambu dalam bahasa Belitung sering di sebut dengan BULO,red ).Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya memanfaatkan rebung sebagai bahan makanan seperti kripik rebung,asinan,di jadikan isi lumpia dan lain-lain.

 Begitu juga dengan masyarkat Pulau Belitung,sering memanfaatkan Rebung ini sebagai bahan makanan yang tentunya bisa di konsumsi

Wisata Minat Khusus Pulau Belitung – Mencari Rebung Bambu

Guna menambah informasi pada blog jelajahbelitung.com saya mencoba menelusuri dan mencari informasi lebih detil mengenai Rebung ini.Pada 7 Januari 2012 yang lalu,saya berkunjung sekaligus berwisata ke Perkebunan Lada salah satu saudara saya di Desa Air Nangka Desa Balok yang konon pada perkebunan lada beliau juga terdapat banyak pohon bambu yang memilik Rebung.

Tibalah saya di perkebunan lada ( dalam bahasa belitung di sebut dengan ume sahang,red.) saudara saya.Sebut saja nama saudara saya ini Pak Andak.

Setiba di Ume sahang/kebun lada Pak Andak ,sejenak saya duduk santai di pondok kecil sambil menikmati penorama yang di hiasi oleh pepohonan lada/sahang.Setelah cukup beristirahat dari lelah perjalanan selama menuju perkebunan lada Pak Andak,akhirnya saya pun mengajak Pak Andak untuk segera mencari rebung.

Kami pun melangkahkan kaki menuju pohon bambu yang katanya terdapat banyak rebung itu.Setelah sampai di tujuan,Pak Andak menunjukan yang di sebut rebung itu.Setelah saya melihat,ternyata benar adanya,pada kebun Pak Andak ini,memang terdapat banyak rebung.

Setelah saya amati.rebung ini memilik ciri berwarna kulit luar yang coklat dan memiliki miang.Miang adalah bulu-bulu halus yang terdapat pada tumbuhan.Jika miang tersentuh oleh bagian tubuh kita,akan terasa gatal dan nyeri.

rebung

Tak menungu waktu lama,akhirnya Pak Andak mempraktekan proses pengambilan rebung ini kepada saya.Dalam proses pengambilan rebung ternyata terlebih dahulu kita harus membuang atau mengupas bagian kulit rebung agar miang yang terdapat pada kulit juga hilang.

mencari rebung

Setelah proses pengupasan kulit di lakukan,Pak Andak pun langsung memotong bagian pangkal rebung sampai putus dan rebung pun sudah bisa di ambil.

Rebung yang sudah di buangi kulitnya memiliki ciri isi bewarna putih.Kata Pak Andak itulah bagian rebung yang bisa di makan karena pada bagian tersebut banyak mengandung gizi seperti Karbohidrat,Protein,dan Asam Amino yang baik di konsumsi bagi tubuh kita.

rubung sudah di buangi kulitnya

Demikianlah kisah saya Mencari rebung di Perkebunan Lada Pak Andak,yang pada blog jelajahbelitung.com saya beri judul Wisata Minat Khusus Pulau Belitung – Mencari Rebung.Di lain kesempatan,saya akan menceritakan proses pengelolaan rebung sehingga menjadi bahan makanan yang bisa di konsumsi.Semoga bermanfaat !




Related Posts to "Wisata Minat Khusus Pulau Belitung – Mencari Rebung"