Saturday, 29 April 2017

Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur

Wisata Belitung Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur – Mungkin anda masih ingat tentang perjalanan saya pada 1 januari 2012 yang lalu ? perjalanan tersebut merupakan kegiatan perdana saya menjelajahi Pulau Belitung di Tahun 2012.Dimana penjelajahan saat itu saya  fokus kan mengarah ke Belitung Timur.

Beberapa tujuan Objek Wisata Belitung Timur khususnya di Kota Manggar, yang saya buru pada penjelajahan saat itu seperti Pantai Olie Pier ,dan Pantai Keramat

Mengingat pada penejalajahan ketika itu,saya masih mempunyai banyak waktu,akhirnya setelah mengujungi objek wisata tersebut, saya putuskan untuk berburu dan berjelajah ke Objek Wisata lainnya.

Eks Electrische Centrale.Ya,inilah objek wisata yang saya jelajahi selanjutnya setelah mengunjungi Pantai Olie Pier dan Pantai Keramat.

Electrische Centrale atau yang sering di singkat dengan EC ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.Maka dari itu saya tertarik untuk menelusurinya dan mengkategorikan sebagai objek wisata bersejarah di Pulau belitung,khususnya di Belitung Timur.

Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur

Electrische Centrale , yang ter;etak di Bukit Samak Desa lalang,Kecamatan Manggar Belitung Timur ini,dulu merupakan Bangunan sekaligus stasiun pembangkit listrik tenaga diesel ( PLTD ) yang didirikan oleh perusahaan Belanda, Billiton Maatschappij sekitar pada tahun 1909.Billiton Maatschappij merupakan perusahaan milik kerajaan Belanda yg memiliki kuasa menambang timah di wilayah Bangka Belitung  dan beberapa tempat lainnya di masa penjajahan

puing di ec manggar

Nah,fungsi utama Electrische Centrale adalah untuk menyuplai kebutuhan listrik di sekitar Kota Manggar kala itu.Bayangkan saja,konon kekuatan daya listrik yang di hasilkan PLTD ini bisa mencukupi kebutuhan listrik untuk 4 kecamatan.

Electrische Centrale mempunyai hubungan erat dengan pantai olie Pier yang sudah saya posting sebelumnya.Pantai Olie Pier ini berfungsi sebagai temapat  untuk menampung supply bahan bakar solar mesin diselnya.

ec manggar

Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur

Taukah anda,menurut informasi yang saya dapat dari beberapa sumber,Electrische Centrale atau E.C  ini kala itu di klaim sebagai pembangkit Listrik tenaga diesel Terbesar di Asia Tenggara  :tepuktangan: .Untuk memastikan kebenarannya mungkin di lain kesempatan saya akan mencari nara sumber yang sangat mengetahui sejarahnya :kacapembesar:

Jika memang pada masanya Electrische Centrale merupakan PLTD terbesar di Asia Tenggara,wajarlah masyarakat Pulau Belitung kala itu tak satu pun yang tidak mengenali tempat tersebut,bahkan juga sampai saat ini,saya rasa masih banyak yang mengetahuinya.

Dulu memang mungkin di kenal sebagai PLTD terbesar di Asia Tenggara yang membuat bangunan Electrische Centrale ini begitu sangat di kenal.Namun kini tinggalah sejarah dan kenangan saja.

Bangunan yang mungkin membuat bangga masyarakat Pulau Belitung kala itu,kini tinggalah puing-puing saja.Bahkan nyaris rata tertutup oleh tanah :nangis:  Entah apa penyebabnya ? mungkin saya rasa memang telah termakan oleh waktu.Amat di sayangkan mengapa bangunan yang tentunya memiliki nilai sejarah yang tinggi ini,tidak bisa terawat dengan baik :megaphone:

Jika di lihat dalam kondisi saat ini, saya seakan tak percaya bahwa dulu pada tempat tersebut pernah berdiri Electrische Centrale terbesar di Asia Tenggara.Bahkan yag lebih memprihatinkan,pada lokasi sekitar Electrische Centrale saat ini menjadi sebagai tempat pembuangan sampah.Luar Biasa !!!

sampah di ec manggar

Demikianlah posting saya mengenai Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur.Jika ada kata-kata dan informasi yang salah mohon di maafkan dan jadikan sebagai bahan diskusi kita bersama.Bilamana anda tertarik mengunjungi objek wisata ini,silahkan untuk menggunakan jasa tour travel kami.Untuk info lebih jelas silahkan klik link berikut Paket Wisata Belitung

Related Posts to "Eks Electrische Centrale di Manggar Belitung Timur"