Tuesday, 22 August 2017

Benda Cagar Budaya Belitung – Eks Kantor Handel Mij




papan nama eks kantor handel mijBenda Cagar Budaya Belitung – Eks Kantor Handel Mij – Salam hangat kepada seluruh masyarakat Pulau Belitung dan seluruh pengunjung baru dan setia jelajahbelitung.com.Pada kesempatan kali ini saya kembali berinspirasi,berpikir,dan menulis Informasi Pulau Belitung yang pasti untuk anda semua.

Lama sudah saya tidak menulis kisah penjelajahan saat menelusuri Benda cagar Budaya Belitung.Tentu hal ini membuat kerinduan yang mendalam bagi anda .( hehehe lebay ).Wokeh.. Benda Cagar budaya Belitung yang akan saya posting kali ini adalah Eks Kantor Handel Mij

Eks Kantor Handel Mij  merupakan salah satu benda cagar budaya belitung yang berada di Kota Tanjungpandan,diantaranya yang sudah saya posting sebelumnya seperti Eks. Rumah Zusterhuis , Rumah Kapiten Phang Tjong Toen , Eks.Holland Indisch School , Eks.Rumah Kolonial , Eks. Kantor Asisten Residen , Eks.Tuindienst dan lain-lain

Eks Kantor Handel Mij  saya telusuri bersamaan ketika saya berjelajah ke pelabuhan laskar pelangi beberapa waktu lalu dan lokasinya pun saling tidak berjauhan.

Benda Cagar Budaya Belitung – Eks Kantor Handel Mij

Jika di lihat dari sisi luar dan dalam bangunan,jelas sekali bahwa Eks Kantor Handel Mij berciri bangunan khas arsitektur Belanda.Desain nya pun menurut saya begitu unik.Perlu di ketahui  gedung tua bersejarah ini terdiri dari 2 bangunan yang saling berdampingan.Tampak di sisi luar bagian atas kedua bangunan,terdapat tulisan yang saya rasa sudah ada sejak pertama berdirinya.




eks kantor handel mij sisi 1

eks kantor handel mij sisi 2

  • Bangunan satu bertulisan BORNEO-SUMATRA dan tulisan ANNC  ( lihat gambar ! tulisan BORNEO huruf O nya terlihat samar atau kurang jelas )borneo sumatra
  • Bangunan dua bertulisan HANDEL MAATSCHAPPIJ (jika di artikan via google translate dari bahasa belanda ke indonesia memiliki arti perusahaan perdagangan )  dan tertulis angka 1921 yang saya rasa bermakna,bahwa bangunan tersebut di didirikan pada tahun 1921.

handel maatschappy

Itulah tulisan yang tertera pada sisi luar bagian atas bangunan Eks Kantor Handel Mij.Namun amat di sayangkan hanya sedikit informasi yang saya dapatkan,sehingga saya benar-benar tidak tau apa makna dari tulisan itu dan fungsi bangunan tersebut secara detilnya,mengingat pada saat itu tidak ada yang bisa saya jadikan sebagai narasumber mengenainya.Tapi sedikit dapat saya simpulkan bahwa kedua bangunan itu dulu digunakan sebagai tempat penyimpanan barang dan di bangun pada tahun 1921 ( mohon di luruskan jika kesimpulan saya salah ).Untuk penjelasan lebih lanjut,tentu akan menjadi PR saya.Insyallah,di lain kesempatan,informasinya akan lebih saya gali atau mungkin bila anda lebih mengetahuinya,bisa menambahkannya pada kotak komentar di bawah !

Semoga,dengan posting singkat ini,bisa menjadi refrensi anda untuk lebih mengenali,mengetahui,mencintai,bahkan mengunjungi,tempat-tempat bersejarah di Belitung,salah satunya Benda Cagar Budaya Belitung – Eks Kantor Handel Mij.Demikianlah posting saya kali ini.Semoga kerinduan yang mendalamnya bisa terobati ( hehe ) Salam jelajah !




Related Posts to "Benda Cagar Budaya Belitung – Eks Kantor Handel Mij"