Saturday, 30 August 2014

Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung

Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung ~ Assalamualaikum dan selamat malam.Inilah posting pertama pada blog jelajahbelitung.com ,blog informasi Pulau Belitung pada Februari 2013 ini.

Pada kesempatan kali ini,saya akan memberikan informasi mengenai satwa yang ada di Pulau Belitung,yaitu Tarsius atau yang sering di sebut masayarkat lokal dengan nama Pelilean.

Perlu anda ketahui,Tarsius adalah Primata kecil dan sering disebut sebagai monyet terkecil di dunia.Di dunia ada beberapa jenis tarsius yang salah satunya terdapat di Pulau Belitung.

Tarsius dari Belitung atau Pelilean ini beranama latin Tarsius bancanus saltator.Penyebaran hampir ada di setiap daerah di Pulau Belitung.Namun sayang nya saat ini sudah sulit untuk di jumpai karena habitat nya sudah mulai terusik.

Ciri-ciri Pelilean ini pada umumnya sama dengan jenis Tarsius lainnya

  • Bertubuh mungil yang panjang nya kurang lebih 10-15 cm dan berat nya sekitar 80 gram
  • Untuk tarsius belitung memiliki ekor yang panjang.Bahkan melebihi panjang tubuhnya.Kurang lebih memiliki panjang 18-22 cm
  • Bermata besar,bahkan lebih besar ketimbang otaknya
  • Memiliki keunikan pada kepalanya.yaitu bisa memutar hingga 180 derajat ke kanan dan ke kiri seperti burung hantu
  • tergolong binatang nokturnal yang banyak berisitirahat pada siang hari pada dahan-dahan kecil dengan ketinggian 3 hingga 5 meter dari permukaan tanah dan baru bangun untuk beraktifitas saat menjelang malam tiba

Hal lain mengenai tarsius ini,adalah merupakan binatang karnivora. Makanannya terutama adalah serangga seperti belalang, kumbang, kupu-kupu, belalang sembah, semut, dan jangkrik,akan tetapi fauna identitas provinsi Bangka Belitung ini juga memakan berbagai vertebrata kecil lainnya seperti kelelawar dan ular.

Dimana bisa menjumpai Pelilean,Tarsius Pulau Belitung ?

Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung ini kini memang sedikit sulit untuk di jumpai di bandingkan tahun-tahun sebelumnya,dimana Belitung masih terdapat banyak hutan sebagai habitat Pelilean.

saya rasa bukan hal yang mudah bila kita dengan secara sengaja menelusuri hutan di belitung dan mencari pelilean.Walaupun sebenarnya begitu banyak peminat,khususnya wisatawan ingin melihatnya secara langsung primata terkecil di dunia ini.

Namun beberapa waktu lalu Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB) menjalankan program konservasi tarsius di kawasan Batu Mentas Kecamatan Badau.Nah di kawasan inilah anda akan menjumpai Tarsius bancanus saltator / pelilean dengan mudahnya,karena ada beberapa peliean yang berada dalam kandang penangkaran.

kandang pelilean di batu mentas

Menyaksikan aktivitas Pelilean atau Tarsius Watching ini adalah salah satu dari beberapa kegiatan wisata yang bisa di lakukan pada Kawasan wisata alam batu Mentas ini.Memang untuk melakukan kegiatan yang saya rasa cukup unik ini haruslah pada malam hari,mengingat tarsius/pelilean ini kebanyakan aktivitas nya pada malam hari.Namun,Jika anda beruntung,pada siang hari pun anda bisa menyaksikan akitivitasnya,seperti foto di bawah ini yang berhasil saya abadikan beberapa waktu lalu.

tarsius di belitung

pelilean di belitung

pelilean lagi di pohon

Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung

Seperti yang saya sampaikan di atas,selain melakaukan kegiatan wisata Tarsius Watching,masih ada beberapa kegiatan yang bisa di lakukan di kawasan wisata batu mentas ini seperti river tubing, jungle tracking,bahkan hal yang tak kalah serunya menginap di Rumah Pohon.Untuk kegiatan wisata lainnya akan saya ulas pada posting selanjutnya.

Semoga ulasan dari saya ini,bisa menambah wawasan anda mengenai Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung.Jangan ragu untuk melangkah kaki mengunjungi kawasan wisata alam Batu mentas.karena di tempat ini dengan cukup mudah nya anda akan menemukan primata terkecil di dunia.Akhir kata,bila ada kesalahan informasi ,mohon di maafkan dan jadikan bahan diskusi kita bersama.Sampai jumpa di posting selanjutnya dan salam jelajah !

Related Posts to "Pelilean,Tarsius dari Pulau Belitung"